Tersedia Semua Hadist Islam Di Sini

Hadits Tentang Menuntut Ilmu




Hadits Tentang Menuntut Ilmu

Mengenai hadist tentang menuntut ilmu, sebelum itu saya jelaskan sedikit tentang ilmu. Ilmu adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup kita, karena dengan adanya ilmu hidup kita akan ter-arah. Maka oleh sebab itu tuntut lah ilmu supaya hidup kita akan bahagia dunia akhirat. Amiiiiin ....
Kali Ini saya akan menjelaskan sedikit tentang hadist  menuntut ilmu. Terpikir gak kalau ilmu itu apa ? harus bagaimana kita dengan ilmu itu. Seseorang yang akan menuntut ilmu derajat dia akan besar. Sebagaimana firman Allah SWT.
{ يَرْفَعْ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَاَلَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ } تَعَالَى وَقَالَ
Niscaya Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat ( Qur’an Al mujadalah 11 )
Nah, jadi dengan firman Allah tersebut setidaknya kita yang menuntut ilmu itu akan tinggi derajatnya daripada orang tidak menuntut ilmu. Karena dalam islam hukum menuntut ilmu itu wajib a’in. Yaitu wajib diatas pribadi seseorang. Untuk lebih jelas pahami lah hadist berikut ini.
من سلك طريق العلم سهل الله له طريقا إلى الجنة
Artinya : “ Barangsiapa melalui suatu jalan untuk mencari suatu pengetahuan (agama), Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. ”(Bukhari)
Penjelasan dari hadist tersebut ialah barangsiapa yang menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan dia jalan ke surga. Dengan begitu kalau kita ingin masuk surga maka tuntutlah ilmu ...


0 komentar:

Post a Comment