Tersedia Semua Hadist Islam Di Sini

Hadist Tentang Niat




Hadist Tentang Niat
Setiap kita akan melakukan sesuatu pasti dulu kita meng-niat dalam hati. Karena tidak mungkin seseorang melakukan sesuatu tanpa ada niat. Dan setiap yang di niat itu akan membuahkan makna kalau kita meng-niatkan sesuatu yang akan kita kerjakan karena Allah semata. Setiap amal yang tidak diniatkan karena mengharap Wajah Allah adalah sia-sia, tidak ada hasil sama sekali baik di dunia maupun di akhirat. Al Mundzir menyebutkan dari Ar Rabi’ bin Khutsaim, ia berkata, “ Segala sesuatu yang tidak diniatkan untuk mencari keridhaan Allah ‘Azza wa Jalla, maka akan sia-sia ”. dan ada juga ulama yang mengatakan bahwa “ Kalau seandainya saya menyusun kitab yang terdiri dari beberapa bab, tentu saya jadikan hadits Umar bin Al Khatthab yang menjelaskan bahwa amal itu tergantung niat ada dalam setiap bab ”. Menurut Imam Baihaqi, karena tindakan seorang hamba itu terjadi dengan hati, lisan dan anggota badannya, dan niat yang tempatnya di hati adalah salah satu dari tiga hal tersebut dan yang paling utama. Menurut Imam Ahmad adalah, karena ilmu itu berdiri di atas tiga kaidah, di mana semua masalah kembali kepadanya.
Berikut ini adalah hadist yang mengatakan amal itu tergantung kepada niatnya. Maka perhatikanlah dengan baik hadist betikut ini.
ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
Artinya : Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah ”. (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

0 komentar:

Post a Comment