Tersedia Semua Hadist Islam Di Sini

Hadist Tentang Puasa Senin-Kamis


Hadist Tentang Puasa Senin-Kamis
Baiklah pada kali ini saya kan post tentang puasa senin kamis. Puasa senin kamis adalah puasa sunah yang sangat banyak fadhilahnya. Dan nabi kita pun paling banyak berpuasa pada senin kamis tersebut. Seperti dalam hadist “ Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, "Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad). Maka dari itu lah kita sebagai umat Nabi Muhammad kita harus mengambil suri tauladan darinya. Supaya kita mendapat syufaa’at di hari akhirat kelak nanti, barang siapa yang suka sama nabi maka dia akan bersama nabi nantinya. Senin kamis itu juga hari yang dimana Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa. Nah dari itulah kita berpuasa senin kamis.
Berikut hadistnya :
Aku berkata pada Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “ Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).




0 komentar:

Post a Comment