Tersedia Semua Hadist Islam Di Sini

Hadist Tentang Shalat


Hadist Tentang Shalat


Berbicara tentang shalat. Shalat itu adalah tiang agama. Barang siapa yang menunaikan shalat berarti dia telah menegakkan agamanya. Dan barang siapa yang meninggalkan shalat berarti dia telah meruntuhkan agamanya. Shalat itu juga rukun islam yang ke dua. Barang siapa yang meninggalkan shalat. Maka belum sempurna agamanya. Pahala shalat juga besar sekali loh, apabila kita mengerjakan shalat maka dosa-dosa kecil yang kita kerjakan sebelum kita shalat di ampuni oleh Allah SWT. Maka jangan sekali-kali anda meninggalkan shalat. Sesibuk apapun anda kerjakan lah shalat. Di bawah ini juga ada hadist yang menjelaskan besarnya derajat orang yang mengerjakan shalat.

Tolong anda simak hadist berikut ini yang menjelaskan tentang shalat :
Rasulullah SAW bersabda,

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اِنَّ اَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ اْلعَبْدُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ الصَّلاَةُ اْلمَكْتُوْبَةُ فَاِنْ اَتَمَّهَا وَ اِلاَّ قِيْلَ. اُنْظُرُوْا، هَلْ لَهُ مِنْ تَطَوُّعٍ؟ فَاِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ اُكْمِلَتِ اْلفَرِيْضَةُ مِنْ تَطَوُّعِهِ، ثُمَّ يُفْعَلُ بِسَائِرِ اْلاَعْمَالِ اْلمَفْرُوْضَةِ مِثْلُ ذلِكَ.

Dari Abu Hurairah, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “ Sesungguhnya pertama-tama perbuatan manusia yang dihisab pada hari qiyamat, adalah shalat wajib. Maka apabila ia telah menyempurnakannya (maka selesailah persoalannya). Tetapi apabila tidak sempurna shalatnya, dikatakan (kepada malaikat), “Lihatlah dulu, apakah ia pernah mengerjakan shalat sunnah ! Jika ia mengerjakan shalat sunnah, maka kekurangan dalam shalat wajib disempurnakan dengan shalat sunnahnya”. Kemudian semua amal-amal yang wajib diperlakukan seperti itu ”. [ HR. Khamsah, dalam Nailul Authar juz 1 ]


0 komentar:

Post a Comment