Tersedia Semua Hadist Islam Di Sini

Hadist Tentang Shalat Lima Waktu Mencuci Dosa


Hadist Tentang Shalat Lima Waktu Mencuci Dosa

Selamat sore gan J pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah hadist tentang shalat lima waktu mencuci dosa yang telah kita kerjakan. Dosa yang bagaiman ? yaitu dosa yang-yang kecil bukan dosa yang besar, kalau dosa yang besar butuh perjuangan yang lebih berat lagi, yaitu dengan Taubatan Nasuha. Taubatan nasauha adalah dimana kita tidak akan mengerjakan lagi perbuatan yang tidak di ridhai oleh Allah swt. Dan kita harus benar-benar berjanji kepada Allah bahwa kita tidak akan mengulangi lagi perbuatan tersebut. Karena kalau kita mengulangi lagi perbuatan semula maka kita tidak di katakan dalam Taubatan Nasuha. Kalau dengan hadist di bawah ini menjelaskan tentang shalat saja. Tidak membahas tentang taubatan nasuha. Besok-besok saya akan ngepost juga tentang Taubatan Nasuha. Hadist di bawah ini menjelaskan bahwa kita kalau shalat lima waktu kita bagaikan mandi di sebuah sungai, dan sungai berikut terletak di depan rumah kita. Maka sedikit pun tidak ada kotoran di tubuh kita.

Berikut hadistnya :

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهَرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ ، يَغْتَسِلُ فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا ، مَا تَقُولُ ذَلِكَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ » . قَالُوا لاَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ شَيْئًا . قَالَ « فَذَلِكَ مِثْلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ ، يَمْحُو اللَّهُ بِهَا الْخَطَايَا »

Artinya : Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “ Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?”  Para sahabat menjawab,  “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “ Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa. ” (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667)



0 komentar:

Post a Comment