Tersedia Semua Hadist Islam Di Sini

Hadits Tentang Amal Yang Paling Di Cintai Oleh Allah SWT


Hadits Tentang Amal Yang Paling Di Cintai Oleh Allah SWT

Selamat pagi agan-agan semua. Baiklah pada kali ini saya akan ngepost tentang amal yang paling di sukai oleh Allah SWT. Kemaren sudah saya post yaitu Hadist tentang 3 macam dosa besar, dan pada hari ini saya akan menjelaskan tentang hadist tentang 3 amal yang paling di sukai oleh Allah SWT. Berikut ini yaitu amal-amal yang paling baik yang di jelaskan rasulullah SAW dalam sabdanya. Yang pertama yaitu shalat. Shalat adalah rukun Islam  yang kedua, ia adalah tiangnya agama. Barang siapa yang mendirikan shalat berarti ia telah menegakkan agamanya, dan barang siapa yang meninggalkannya ia telah menghancurkan agamanya. Dan yang kedua yaitu Berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua adalah memberi kebaikan atau berkhidmat kepada keduanya serta mentaati perintahnya (kecuali yang ma’siat) dan mendoa’kannya apabila keduanya telah wafat.
Ibu dan Bapak sebagai orang tua sudah selayaknya mendapatkan kebaikan dan penghormatan dari anaknya. Islam sangat perhatian mengenai masalah ini. Yang ketiga yaitu jihad. Jihad adalah kata jihaad diberi arti baru oleh syariat dari arti asal (bahasanya) atau menuju makna yang lebih khusus, yaitu, “mengerahkan seluruh kemampuan untuk berperang di jalan Allah, baik secara langsung, dengan bantuan keuangan, pendapat (pemikiran), memperbanyak kuantitas (taktsiir al-sawaad) ataupun yang lain
.  Baca juga Hadist Tentang Akhlak Mulia

Untuk lebih jelas perhatikan hadist berikut ini :

Saya bertanya kepada Nabi, ‘Apakah amal yang paling dicintai oleh Allah?’ (Dalam satu riwayat: yang lebih utama) Beliau bersabda, ‘Shalat pada waktunya’ Saya bertanya, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau bersabda, ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Saya bertanya, ‘Kemudian apa lagi’? Beliau bersabda, ‘Jihad (berjuang) di jalan Allah.”‘ Ia berkata, “Beliau menceritakan kepadaku. (Dalam satu riwayat: “Saya berdiam diri dari Rasulullah.”) Seandainya saya meminta tambah, niscaya beliau menambahkannya.” (H.R. Bukhari, hadits Shahih dan terdapat di dalam Shahih Bukhari)

أَحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللهِ أدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَ

Artinya : ” Amal yang paling dicintai oleh Allah adalah yang terus menerus walaupun sedikit ”. (HR. Bukhari & Muslim)



0 komentar:

Post a Comment