Tersedia Semua Hadist Islam Di Sini

Hadist Tentang Makan Menggunakan Tangan Kanan


Hadist Tentang Makan Menggunakan Tangan Kanan


Nabi muhammad SAW selalu menyeru umatnya atau memerintahkan kita (umatnya) untuk selalu makan dengan menggunakan tangan kanan, karena menurut pendapat Ulama setan (jin) itu makan dengan menggunakan tangan kirinya. Dan banyak yang berpendapat pula tangan kanan itu lebih mulia daripada tangan kiri. Biasanya tangan kanan lebih kuat dari pada tangan kiri. Dalam kitab Ar Risalah dan Al umm, Imam Syafi’i mewajibkan kita untuk makan dengan menggunakan tangan kanan karena ada ancaman terhadap orang yang makan dengan tangan kiri. Maka oleh sebab itu kita harus menuruti Nabi kita yang telah memerintahkan kita untuk makan menggunakan tangan kanan. Supaya kita semua tidak menyurupai setan. Karena dalam hadist juga tersirat bahwa setan itu makan menggunakan tangan kiri. Mana orang yang mau sama dengan setan. Karena setan itu berprilaku yang tidak baik.

Berikut hadist yang menjelaskan tentang makan menggukan dengan tangan kanan :

عن ابي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " اِذَا اَكَلَ اَحَدُكُمْ فَلْيَاْكُلْ بِيَمِيْنِهِ وَاِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبُ بِيَمِيْنِهِ فَاِنَّ الشَّيْطَانَ يَاْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ ( رواه مسلم والنسائ في السنان الكبرى)

Artinya :
Dari abi hurairah ra dari Nabi SAW bersabda: “ jika salah seorang dari kalian makan, makanlah dengan menggunakan tangan kanan dan jika minum, minumlah juga dengan tangan kanannya. Sesungguhnya syaitan itu makan dengan tangan kirinya dan juga minum dengan tangan kirinya “. ( HR. Muslim )


0 komentar:

Post a Comment