Tersedia Semua Hadist Islam Di Sini

Hadist Tentang Akhlak Mulia


Hadist Tentang Akhlak Mulia




Siapakah golongan umat manusia yang di jamin selamat oleh Rasulullah SAW. Tentu jawabannya adalah Ahlussunah Wal Jama'ah. Banyak sekali golongan kaum muslimin zaman sekarang ini mengaku paling Ahlussunah Wal Jama'ah padahal akhlaknya belum tentu sesuai prinsip Ahlussunah Wal Jama'ah. Para kaum muslimin pengikut Rasululullah SAW tidak saja lurus keyakinan dan keimanannya tetapi juga lurus dalam perilaku dan perbuatannya. Jangan mengaku Ahlussunah jika keimanan dan akhlak kita kepada Allah SWT dan sesama manusia kurang baik. Oleh karena itu jika kita ingin selamat dunia akhirat maka perbaguslah akhlakmu. Maka dari itu untuk menambah pengetahuan dan keimanan kita khususnya tentang akhlak mulia kami cantumkan hadist ini. Begitu besar keutamaan ajaran Rasulullah tentang sunnah akhlak yang baik ini. Berikut hadist tentang akhlak yang mulia.


 Dari abu darda’ radhiallahu ‘anhu nabi muhammad saw bersabda   


«مَا مِنْ شَيْءٍ يُوضَعُ فِي المِيزَانِ أَثْقَلُ مِنْ حُسْنِ الخُلُقِ، وَإِنَّ صَاحِبَ حُسْنِ الخُلُقِ لَيَبْلُغُ بِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّوْمِ وَالصَّلَاةِ» [سنن الترمذي: صحيح]


Artinya :

Tidak ada sesuatu yang di letakkan pada timbangan hari kiamat yang lebih berat daripada akhlak mulia, dan sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa mencapai derajat orang yang berpuasa dana shalat (Tirmidzi : shahih)

Hadist diatas menjelaskan bahwa betapa besarnya derajat seseorang yang memiliki akhllak mulia, perbandingannya sama dengan orang berpuasa dan shalat, dalam kehidupan sehari-hari kita sangat butuh terhadap akhlak kita sesama umat atau sesama teman dimana kiat bergaul setiap hari dengan mareka janganlah sesekali kita berburuk sangka kepada teman harus saling percaya dan menjalin ukhuwah yang baik.

0 komentar:

Post a Comment